portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Firli Bahuri Ditetapkan Sebagai Tersangka, Geisz Chalifah Menyebut Anies yang Hampir Ditangkap KPK

Firli Bahuri Ditetapkan Sebagai Tersangka, Geisz Chalifah Menyebut Anies yang Hampir Ditangkap KPK

Geisz Chalifah, loyalis dari calon presiden Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) Anies Baswedan, memberikan tanggapannya terhadap penetapan ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka.

Geisz secara tiba-tiba teringat bagaimana usaha untuk menjatuhkan Anies. “Anies ingin ditersangkan dengan cara yang mengada-ada,” kata Geisz dalam keterangannya di Aplikasi X pada 23 November 2023.

Dia mengungkapkan bahwa ketika Anies terus dikejar kesalahannya dan diupayakan untuk menjadi tersangka dalam kasus Formula E, Anies diperiksa selama kurang lebih sembilan jam.

Di sisi lain, menurut Geisz, ada jutaan orang di tempat yang sunyi yang mendoakan agar Anies terhindar dari penindasan. “Jutaan orang dari tempat yang sunyi berdoa agar Anies terhindar dari kezaliman,” ujarnya. “Mereka melantunkan salawat asyghil,” tambahnya.

Sebelumnya dilaporkan, Penyidik Dirkrimsus Polda Metro Jaya menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Penetapan tersangka terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut dilakukan setelah penyidik melakukan gelar perkara yang dilakukan oleh penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya serta Dittipidkor Bareskrim Polri dengan ditemukannya bukti yang cukup.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak menjelaskan bahwa berdasarkan fakta-fakta penyidikan, pada Rabu 22 November 2023 dilakukan gelar perkara. “Dengan hasil ditemukannya bukti yang cukup untuk menetapkan saudara FB selaku ketua KPK RI sebagai tersangka,” kata Ade Safri Simanjuntak kepada awak media dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Rabu malam (22/11/2023).