portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Lembaga Survei KedaiKopi Meluncurkan Mobil Ide Rakyat untuk Jaring Aspirasi Masyarakat

Lembaga Survei KedaiKopi Meluncurkan Mobil Ide Rakyat untuk Jaring Aspirasi Masyarakat

Lembaga survei KedaiKopi meluncurkan program Mobil Ide Rakyat di tiga provinsi. Peluncuran perdana dilakukan di kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat, Sabtu 18 November 2023.

Program Mobil Ide Rakyat bertujuan untuk menangkap aspirasi rakyat dalam pemilu 2024.

Masyarakat yang berpartisipasi dalam program ini akan diharapkan mengisi sejumlah pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban.

Penanggung jawab Mobil Ide Rakyat, Rifqi Islami mengatakan bahwa jawaban publik akan tercermin melalui mentimeter yang hasilnya dapat dilihat pada monitor Mobil Ide Rakyat.

Acara peluncuran juga diisi dengan diskusi publik bertema “Menanti Netralitas Negara dan Mencegah Kecurangan Pemilu 2024” yang menghadirkan pembicara analis komunikasi politik Hendri Satrio, peneliti PoshDem Universitas Andalas Feri Amsari, dan manager program Perludem Fadli Ramadhanil.

Rifqi juga menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk mengetahui pendapat generasi muda mengenai berbagai isu yang berkembang, seperti isu politik dinasti, hak angket, money politics, kriteria presiden pilihan, dan siapa calon presiden yang pro anak muda.

Menurut Rifqi, dalam pemilu 2024, pemilih muda mencapai lebih dari 52 persen, sehingga sangat penting untuk mengetahui pendapat mereka.

Ia juga menambahkan bahwa pemilih muda menjadi faktor penentu kemenangan para capres. Selain menjadi bagian dari edukasi politik, Mobil Ide Rakyat juga akan menjaring preferensi pandangan generasi muda atas topik nasional yang menjadi perhatian.

Terkait dengan lokasi yang akan dikunjungi, ia menyebutkan bahwa semuanya ada di pulau Jawa.