portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Musim Hujan Telah Tiba di Sejumlah Wilayah Indonesia, BMKG: Waspada Banjir karena El Nino Sudah Berakhir

Musim Hujan Telah Tiba di Sejumlah Wilayah Indonesia, BMKG: Waspada Banjir karena El Nino Sudah Berakhir

Musim kemarau panjang atau el nino tampaknya telah resmi berakhir di Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. BMKG menyarankan masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem dan banjir yang sering terjadi saat musim hujan.

Salah satu contohnya adalah di Provinsi Bengkulu, dimana BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Bengkulu mengatakan bahwa sejumlah wilayah di provinsi tersebut sudah memasuki musim hujan. Wilayah yang berpotensi hujan antara lain Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam 3 hari ke depan, wilayah-wilayah di Provinsi Bengkulu berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat, disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. Masyarakat diminta untuk waspada terhadap potensi banjir akibat hujan tersebut.

Hal ini disebabkan oleh pertemuan angin dan perlambatan kecepatan angin (Konvergensi) di lapisan atas, kelembapan udara yang cukup basah di lapisan bawah hingga menengah, dan labilitas udara yang cukup labil yang menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di beberapa wilayah Bengkulu.