portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Sammy Notaslimboy Heran KPK Enggan Menginvestigasi Dugaan Gratifikasi Kaesang, Ngaku Nebeng Tetapi Menggunakan Jet Pribadi Selama 2 Minggu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Dugaan gratifikasi penggunaan pesawat jet yang dilakukan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, tampaknya tak akan diselidiki oleh KPK.

Hal itu mengundang kecurigaan banyak pihak. Salah satunya datang dari pemerhati sosial politik, Sammy Notaslimboy, melalui akun pribadinya di X, @NOTASLIMBOY.

Dia membagikan artikel terkait perjalanan Kaesang dan Erina Gudono yang plesiran berkeliling sejumlah negara menggunakan jet pribadi.

“Menurut artikel ini, pesawat Jet pada tanggal 28 Agustus masih di Amerika, tapi menurut Sekjen PSI, tanggal tersebut Kaesang sudah di Jakarta. Ada kemungkinan sekjennya ngibul, atau Kaesang nggak balik pakai pesawat yang sama,” kata Sammy, dikutip Jumat (20/8/2024).

“Masak KPK terima aja laporan Kaesang dan nggak selidiki lagi. KPK hasil TWK malah banyak masuk angin,” kritiknya.

Sebelumnya, kepada awak media Kaesang mengaku hanya nebeng pesawat temannya. Namun, hasil penelusuran sejumlah pegiat media sosial dan media massa menunjukkan bahwa kata “nebeng” yang dilontarkan Kaesang terasa janggal.

Pasalnya, plesiran yang dilakukan Ketua Umum PSI itu menyita waktu yang terbilang cukup lama hingga dinilai sangat tidak cocok jika disebut “nebeng”.

Ada pun, hasil pelacakan menunjukkan bahwa perjalanan keliling luar negeri itu dimulai pada tanggal 18 Agustus pagi hingga 1 September 2024.

Melansir idntimes, pesawat yang ditumpangi Kaesang dan Erina adalah jet jenis Gulfstream G650 buatan 2021 dengan tail number N588SE.

Pesawat itu berangkat dari Jakarta ke Amerika Serikat pada 18 Agustus 2024, sekitar pukul 09.38 WIB.Kemudian, jet terbang dan sempat mampir di Chubu Centrair International Airport, Tokoname, Jepang pada 16.25 WIB. Ini merupakan bandara yang memang biasa disambangi jet pribadi di Negeri Sakura.