portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

BMKG: Siklon Bebinca dan Gelombang Ekuator Mempengaruhi Cuaca Indonesia, Waspadai Hujan Deras Hari Ini

BMKG memperkirakan cuaca di sebagian besar kota besar di Indonesia pada Jumat akan hujan ringan dan cuaca berawan tebal.

Prakirawan BMKG, Ida Pramuwardani, mengatakan bahwa sejumlah wilayah akan mengalami hujan ringan hingga deras, sementara beberapa kota lain diprediksi cerah sepanjang hari.

Hujan ringan dengan curah kurang dari 2,5 mm per jam diperkirakan akan turun di kota-kota seperti Ambon, Jayapura, Denpasar, dan Medan, dengan suhu 24 hingga 31 derajat Celsius.

Hujan sedang dengan intensitas lebih dari 4,0 mm per jam akan terjadi di Mamuju, Makassar, Kendari, dan Palu, dengan suhu 22 hingga 28 derajat Celsius.

Hujan deras dan petir di Tanjung Pinang dan Palembang dengan suhu 23 hingga 29 derajat Celsius. Bandung dan Padang juga diprediksi hujan deras dengan curah hujan lebih dari 50 mm per jam.

Kota-kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya diprediksi berawan tebal atau cerah sepanjang hari, dengan suhu 25 hingga 31 derajat Celsius.

BMKG juga mencatat pengaruh Siklon Bebinca di Samudera Pasifik timur Filipina yang membawa udara basah ke wilayah Indonesia, terutama di Kalimantan dan Sulawesi.