portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Kunjungi Akmil Magelang, Taruna Australia Terinspirasi dengan Disiplin dan Ketekunan Taruna Indonesia

Magelang- Para taruna Australia dari Royal Military College-Duntroon (RMC-D) yang berkunjung ke Akademi Militer (Akmil) Magelang mengungkapkan kagum mereka terhadap sikap disiplin dan kerja keras yang dimiliki oleh taruna Indonesia.

Kesimpulan ini disampaikan oleh para taruna Australia dalam rangka kunjungan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles yang diundang oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk menandatangani peningkatan kerja sama pertahanan antara RI dan Australia.

“Yang paling penting yang saya perhatikan adalah bahwa para taruna Indonesia di Akmil memiliki sikap kerja keras dan disiplin,” kata salah satu taruna Australia, Maxwell Jon Kiernan di Akmil, Magelang, pada hari Kamis (29/8).

Kesimpulan yang sama juga diungkapkan oleh Lola Kathleen May Charles, seorang taruna di RMC-D. Menurutnya, ketekunan para taruna Indonesia dalam berlatih dan belajar sangat menginspirasi.

“Saya merasa waktu dan ketekunan yang mereka curahkan untuk berlatih telah benar-benar menginspirasi, jadi saya harap saya dapat membawa sifat tekun itu pulang dan bekerja lebih keras,” katanya.

Sementara itu, Kapten Damon Radford, yang merupakan perwira pertukaran yang mendampingi rombongan, menjelaskan bahwa ada sepuluh taruna Australia yang turut serta dalam program kunjungan ke Akmil.

Selama sembilan hari, mereka melakukan berbagai kegiatan bersama taruna Indonesia, termasuk mengikuti sesi bimbingan dan pengasuhan serta kelas Bahasa Inggris.

Mereka juga mengunjungi beberapa ikon budaya seperti Candi Borobudur dan Prambanan, serta menjelajahi kota-kota sekitar seperti Yogyakarta dan Semarang bersama dengan taruna Indonesia. Mereka akan kembali ke Australia besok.

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan kerja sama antara Australia dan Indonesia. Melalui program pertukaran seperti FAEP, kita bisa meningkatkan keterampilan antara kedua negara seperti yang terjadi hari ini,” tambahnya.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan kunjungan taruna Indonesia ke Australia pada tanggal 10-21 Oktober.

“Pada bulan Oktober, taruna dari Akmil akan berkunjung ke Australia untuk program pertukaran. Jadi, taruna yang mendampingi taruna Australia di sini juga akan pergi ke RMC,” katanya. (RR)

Source link