portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

BMKG: Curah Hujan Rendah di Kota-Kota Besar di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di beberapa kota besar di Indonesia akan mengalami hujan ringan pada Selasa (5/8).

Prakirawan BMKG, Rif’at Darajat, menyampaikan melalui kanal YouTube BMKG bahwa beberapa wilayah di Pulau Jawa akan mengalami hujan ringan, sementara lainnya akan berawan hingga berawan tebal.

“Di Pulau Jawa, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Serang dan Jakarta. Sedangkan untuk kota-kota besar lainnya, cuaca berawan diperkirakan terjadi di Yogyakarta, sementara Surabaya, Semarang, dan Bandung diperkirakan akan berawan tebal,” kata Rif’at.

Di wilayah Sumatera, cuaca berawan diperkirakan terjadi di Kota Tanjung Pinang, dan cuaca berawan tebal di Kota Banda Aceh. “Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Kota Pekanbaru. Perlu diwaspadai bagi masyarakat di Kota Medan karena diperkirakan hujan dengan intensitas lebat,” ucap Rif’at.

Kota Padang diperkirakan akan mengalami hujan disertai kilat dan petir, sedangkan Kota Lampung akan berkabut dan Kota Palembang diperkirakan berudara kabut. “Cuaca berawan tebal diperkirakan terjadi di Kota Jambi, dan cuaca berawan diperkirakan terjadi di Pangkal Pinang. Sementara itu, Kota Bengkulu diperkirakan hujan dengan intensitas sedang,” tambahnya.

Beralih ke Pulau Bali dan Nusa Tenggara, cuaca cerah berawan diperkirakan terjadi di Kota Mataram dan Kupang, sementara Kota Denpasar diperkirakan turun hujan dengan intensitas ringan. Di Pulau Kalimantan, cuaca berkabut diperkirakan terjadi di Kota Pontianak, sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprediksi terjadi di Kota Samarinda dan Palangka Raya.