portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Empat Jenderal Polri yang Layak Direkomendasikan sebagai Calon Pimpinan KPK

FAJAR.CO.ID – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menganggap bahwa empat jenderal Polri saat ini memiliki kemampuan yang memadai untuk menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Keempat perwira tinggi yang direkomendasikan Polri sebagai calon pimpinan KPK sangat layak dan memiliki kemampuan jika dipercaya oleh Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK dan tentu saja DPR RI,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan, dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Kamis.

Keempat jenderal yang dimaksud oleh Edi adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Komjen Pol. Setyo Budiyanto; Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional, Komjen Pol. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak; Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol. Djoko Poerwanto; dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK, Irjen Pol. Didik Agung Widjanarko.

“Mereka memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik dalam pemberantasan korupsi baik saat bertugas di kepolisian maupun di KPK,” ujar Edi, yang juga seorang dosen di Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta.

Edi juga menyebutkan bahwa beberapa dari calon tersebut telah memiliki pengalaman sebagai Deputi di KPK, dan mereka memiliki pengalaman yang tidak diragukan lagi dalam pemberantasan korupsi.

Sebelumnya, Polri telah mengirimkan empat perwira tingginya untuk mengikuti proses seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan bahwa keempat nama yang diusulkan merupakan personel terbaik dari Polri.