portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Pegawai KPU RI Ikut Menemani Hasyim Asy’ari Seperti Pahlawan Setelah Dipecat, Ujar Said Didu: Menyedihkan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu, menyentil para pegawai KPU RI yang turut mendampingi Hasyim Asy’ari saat memberikan tanggapan terkait pemecatannya.

Pada video yang beredar luas, belasan pegawai KPU terlihat turut mendampingi Hasyim yang dinilai seolah seperti hendak berpisah dengan pahlawan. Mereka berbaris di belakang para komisioner yang juga turut mendampingi menyampaikan pernyataan pers.

“Pegawai @KPU_ID sangat memalukan. Mendampingi Ketua KPU yang moralnya bejat tapi disambut bagai pahlawan. Kalian semua sudah rusak !!!!,” tulis Said Didu, dikutip dari akunnya di X.

“Yang dipecat itu ketua KPU nya saja, kenapa kalian yang masih anggota KPU ikut dampingi HA beri tanggapan? Emang kurang kerjaan?,” balas warganet di kolom komentar.

“Hampir 10 tahun etika dan harga diri bangsa ini sudah hilang, yang ada tinggal seberapa lihai menjadi penjilat,” ujar salah satu komentar.

Untuk diketahui, Sidang etik Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengungkapkan sejumlah fakta pelanggaran berupa perbuatan pelecehan seksual atau asusila.

Fakta persidangan yang diungkapkan anggota DKPP Ratna Dewi Pettalolo bahwa teradu (Hasyim) melanggar asas proporsionalitas dan profesionalitas hingga memaksa hubungan badan dengan pengadu berinisial CAT, anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag.

Dewi Pettalolo mengungkapkan pada 2 Oktober sampai dengan 7 Oktober 2023, CAT mengaku Hasyim memaksa melakukan hubungan badan. Hal tersebut terjadi dalam pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) PPLN di Den Haag.