portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Banser Tercoreng Akibat Kelakuan Hasyim Asy’ari, Warganet Kritik Pernyataan Menag Yaqut

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Nama Banser, salah satu organisasi Nahdlatul Ulama, menjadi tercoreng karena perbuatan tidak senonoh yang dilakukan oleh mantan Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Sebelum menjabat sebagai ketua KPU, Hasyim beberapa kali diwawancarai oleh wartawan karena perannya sebagai Kasatkowil Banser Jawa Tengah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya pernah menyampaikan kepada Jokowi bahwa Hasyim Asy’ari adalah seorang kader Banser.

Yaqut, yang juga Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), menyebut bahwa Ketua KPU Hasyim Asy’ari merupakan bagian dari keluarga Barisan Serba Guna Nahdlatul Ulama atau Banser.

Pernyataan Yaqut ini mengacu pada catatan sejarah Hasyim yang pernah menjadi komandan Banser Jawa Tengah. Hal ini disampaikan Yaqut dalam Kongres XVI GP Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Jumat (2/2/2024).

Di media sosial, kata kunci “Banser” menjadi topik trending setelah kasus asusila yang menyebabkan pemecatan Hasyim Asy’ari dari KPU menjadi viral.

Seorang pengguna media sosial @bobby_risakotta menulis, “Ketika Menag mempromosikan Ketua KPU ini sebagai Banser & Ketika Hasyim Asy’ari memberikan khotbah tentang sifat binatang. Keduanya dilakukan DI HADAPAN JOKOWI. Huuftt 😤.”