portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Kompolnas Selidiki Dugaan Penyiksaan di Polda Sumbar Setelah Kematian Afif Maulana Menjadi Sorotan

FAJAR.CO.ID, PADANG — Kasus meninggalnya Afif Maulana (13) tahun terus didalami. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) baru-baru ini mengunjungi Padang untuk menyelidiki dugaan kekerasan yang berujung kematian tersebut.

Ketua Harian Kompolnas, Benny Josua Mamoto dalam keterangannya kepada awak media mengatakan bahwa ada saksi kunci yang memberikan keterangan terkait dugaan penyiksaan oleh anggota Sabhara Polda Sumbar.

Saksi yang dirahasiakan identitasnya itu mengaku mengalami siksaan saat dibawa ke kantor polisi.

Namun, ia tidak mengenal para pelaku karena mereka mengenakan pakaian preman.

“Ketika ditanya siapa yang nyundut, saksi menjawab, saya nggak kenal namanya karena pakaian preman,'” kata Benny pada Jumat (28/6/2024).

Benny menegaskan bahwa kesaksian ini dapat membantu mengungkap kematian Afif Maulana.

Kekerasan yang sebelumnya hanya menjadi isu di media sosial kini telah dibenarkan oleh korban.

Kompolnas juga telah mendapatkan informasi tentang 17 anggota yang diduga melakukan pelanggaran.

Benny menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada Polda Sumbar, termasuk penegakan hukum terhadap anggota yang melanggar aturan dan evaluasi pengawasan internal.

Selain itu, Benny menekankan pentingnya pembelajaran bagi kepolisian dalam menangani pelaku tawuran dan meminta masyarakat untuk berperan aktif memberikan informasi terkait kasus ini.

Kapolda Sumbar Irjen Suharyono mengungkapkan bahwa 17 anggota Sabhara Polda Sumbar melanggar standar operasional prosedur (SOP) saat menangani 18 remaja yang diduga akan tawuran.

Exit mobile version