portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Dindo, Anak Syahrul Yasin Limpo, Akan Mengembalikan Uang Kementan yang Telah Diterimanya

Dindo, Anak Syahrul Yasin Limpo, Akan Mengembalikan Uang Kementan yang Telah Diterimanya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kemal Redindo, anak mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), berjanji akan mengembalikan uang yang diduga dia nikmati dari anggaran Kementerian Pertanian.

Dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Rabu (29/5/2024), Dindo mengakui telah memanfaatkan sejumlah fasilitas yang didanai oleh Kementan.

“Hari ini Anda mengatakan akan mengembalikan uang kerugian negara, benar?” tanya Hakim Ketua, Rianto Adam Pontoh.

“InsyaAllah, yang Mulia,” jawab Dindo.

Dindo menyatakan bahwa inisiatif pengembalian uang tersebut datang dari dirinya sendiri, bukan atas tawaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tidak, yang Mulia, tidak diajukan, saya sendiri yang meminta,” jelaskan Dindo.

Dalam kasus ini, Dindo disebut memakai uang Kementan untuk berbagai keperluan pribadi seperti renovasi kamar, membeli aksesori mobil, dan tiket pesawat.

Selama pemeriksaan saksi, Dindo mengakui terbiasa menikmati fasilitas tersebut dari anggaran Kementan.

Hakim Ketua Rianto Adam Pontoh mengingatkan Dindo untuk menghitung dan mengembalikan uang yang telah dia nikmati sebelum tuntutan dibacakan.

“Saudara saksi, harap dihitung dan jika memang mau mengembalikan, karena itu adalah uang negara. Sebelum tuntutan,” ujar hakim.

Selain Dindo, Ayun Sri Harahap, istri SYL, juga mengakui memanfaatkan uang Kementan, terutama untuk perjalanan umrah. Namun, dia menyatakan belum menerima tagihan dari Kementan hingga suaminya ditangkap.

Hakim juga mengingatkan bahwa pengembalian uang negara tidak menghapus indikasi pidana sesuai dengan Pasal 4 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.