portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Penundaan Isu CASN 2024 Setelah Pilkada, Penjelasan dari MenPAN RB Azwar Anas, Jadwal dan Formasinya

Penundaan Isu CASN 2024 Setelah Pilkada, Penjelasan dari MenPAN RB Azwar Anas, Jadwal dan Formasinya

Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 menjadi informasi yang ditunggu-tunggu. Namun hingga kini, belum ada kabar pasti kapan tepatnya pendaftaran bakal dibuka.

Belakangan, muncul isu CASN 2024 ditunda setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dihelat tahun ini. Seperti apa kebenarannya?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdulah Azwar Anas mengakui adanya keterlambatan.

Ia juga bilang memang ada isu penundaan karena Pilkada. Hal itu beral dari harapan Ombudsman.

“Terkait harapan Ombudsman agar seleksi CPNS ditunda setelah Pilkada,” kata Anas dikutip dari YouTube Kementerian PANRB, Jumat (17/5/2024).

Anas menjelaskan, aturan agar seleksi CASN 2024 sudah ada. Selain itu, ada pula keputusan bersama dengan DPR agar seleksi dilaksanakan tahun ini.

“Kami ingin sampaikan bahwa ini keputusan dari Undang-Undang ASN nomor 20 Tahun 2023. Dimana telah diputuskan bersama Komisi III, bahwa penyelesaian tenaga non ASN selambat-lambatnya diselesaikan pada bulan Desember,” jelasnya.

Karenanya ia menegaskan, dengan adanya regulasi itu tidak memungkinkan adanya penundaan pelaksanaan setelah Pilkada.

“Sehingga dari sisi regulasi tidak mungkin ini ditunda,” tegasnya.

Soal kekhawatiran adanya tumpang tindih data, Anas menyebut itu tak berdasar. Karena data yang diproses adalah yang ada dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Mereka yang bisa diselesaikan tahun ini adalah mereka yang sudah masuk di database di BKN. Sehingga kekhawatiran adanya data baru yang tumpang tindih yang dimasukkan karena adanya proses politik di daerah menurut kami tidak. Karena mereka harus tercantum di database BKN,” terangnya.