portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Penjelasan Mendagri Tito Karnavian Mengenai Penyebab Bergantinya 5 Penjabat Gubernur

Penjelasan Mendagri Tito Karnavian Mengenai Penyebab Bergantinya 5 Penjabat Gubernur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pergantian lima penjabat gubernur terjadi bulan ini. Mereka adalah Penjabat Gubernur Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Banten, dan Gorontalo.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik kelima Penjabat Gubernur tersebut di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, pada Jumat (17/5/2024).

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 60/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan penjabat gubernur.

Para Penjabat Gubernur yang dilantik adalah Samsuddin Abdul Kadir sebagai Penjabat Gubernur Maluku Utara, Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten, Mohammad Rudy Salahuddin sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo, Bahtiar sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, dan Zudan Arif Fakrulloh sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan.

Kelima Penjabat Gubernur yang dilantik merupakan kandidat langsung yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka telah melalui seleksi yang melibatkan lembaga seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kejaksaan Agung (Kejagung), dan Polri.

Tito menyatakan bahwa setelah melalui proses panjang tersebut, dia yakin para Penjabat Gubernur yang dilantik dapat melaksanakan amanah dengan baik.

“Dengan melantik rekan-rekan tersebut, saya ucapkan selamat karena dipercayakan oleh Presiden, hal ini ditandai dengan tanda tangan langsung oleh Presiden melalui Keppres, dan ini adalah amanah dari Allah SWT,” ungkap Tito.

Exit mobile version