portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Pemerintah Buka 1,7 Juta Formasi Calon ASN, Jumlah Jatah Honorer Sama Besarnya

Pemerintah Buka 1,7 Juta Formasi Calon ASN, Jumlah Jatah Honorer Sama Besarnya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Jumlah pencari kerja yang akan direkrut menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) mencapai 1,7 juta orang. Sementara itu, total kebutuhan ASN tahun ini adalah 2,3 juta orang.

Oleh karena itu, pemerintah berencana untuk mengangkat secara besar-besaran tenaga non-ASN atau tenaga honorer pada tahun 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa alokasi untuk tenaga honorer tersebut akan diarahkan untuk masuk ke dalam kategori pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

“PPPK menjadi fokus utama pemerintah dalam melakukan penataan pegawai non-ASN di instansi pemerintah,” ujar Anas dalam rapat dengan Komisi II DPR, Senin (13/5/2024).

Adanya kekhususan formasi bagi para tenaga honorer tersebut karena amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. Dalam Pasal 66 UU 20/2023 disebutkan bahwa pemerintah wajib menyelesaikan penataan tenaga non-ASN paling lambat Desember 2024.

“Jadi menurut Undang-Undang harus dibereskan paling lambat Desember 2024,” tambah Anas.

Proses rekrutmen CASN tahun ini akan dibuka dalam tiga periode. Periode pertama akan terbuka untuk sekolah kedinasan mulai Mei 2024. Periode kedua untuk umum, baik kategori CPNS maupun PPPK akan dimulai pada Juni 2024, dan periode ketiga mulai Agustus 2024.

Khusus untuk alokasi umum pada bulan Juni 2024, kebutuhan rekrutmen sebanyak 1,28 juta formasi. (bs-sam/fajar)

Exit mobile version