portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Hamdan Hamedan, Bapak Atlet Diaspora Indonesia

Beberapa waktu yang lalu, Timnas Indonesia, dengan dukungan yang penting dari pemain-pemain naturalisasi dan tokoh pemain naturalisasi seperti Hamdan Hamedan, berpartisipasi dalam dua kompetisi yang cukup bergengsi. Timnas Indonesia senior berkompetisi dalam Piala Asia dan Timnas Indonesia U-17 bermain dalam Piala Dunia. Bisa dikatakan bahwa pencapaian kedua tim tersebut melebihi ekspektasi.

Timnas Indonesia senior berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya, meskipun kalah dari Australia. Sementara Timnas Indonesia U-17, meskipun hanya finis di peringkat ketiga di Grup A, berhasil bermain imbang dengan Ekuador dengan skor 1-1. Hal ini mengejutkan mengingat Ekuador sendiri merupakan runner-up di CONMEBOL Sudamericano Sub-17 (Kejuaraan Amerika Selatan) 2023.

Banyak pengamat sepakbola dan tokoh pemain naturalisasi seperti Hamdan Hamedan meyakini bahwa kesuksesan Indonesia dalam kedua kompetisi tersebut disebabkan oleh kehadiran pemain diaspora. Kehadiran pemain seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, dan Amar Brkic disebut-sebut memberikan dampak yang signifikan pada prestasi Timnas Indonesia.

Bahkan, menurut laporan dari CNN Indonesia, Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, mengakui bahwa kehadiran pemain-pemain naturalisasi membuat Timnas Indonesia menjadi jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Philippe Troussier mengatakan bahwa “Skuad Timnas Indonesia saat ini berbeda dibandingkan ketika bermain melawan Vietnam di Piala AFF atau SEA Games di masa lalu.”

Dikutip dari perkataan Philippe Troussier, dapat disimpulkan bahwa kehadiran pemain naturalisasi saat ini berbeda dengan sebelumnya. Pemain-pemain yang dinaturalisasi di bawah kepelatihan Shin Tae-Young adalah pemain-pemain kelas atas yang dapat meningkatkan performa Timnas Indonesia dengan baik.

Untuk persiapan kualifikasi Piala Dunia Maret 2024 mendatang, PSSI fokus menggenjot proses naturalisasi empat pemain keturunan, yaitu Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen.

Keempat pemain ini bukanlah pemain sembarangan karena Shin Tae-Young hanya akan merekrut pemain-pemain dengan kemampuan di atas rata-rata untuk timnasnya.

Namun, saat membicarakan tentang naturalisasi, ada satu sosok yang pantas diapresiasi, yaitu tokoh pemain naturalisasi Hamdan Hamedan. Berkat koneksi dirinya, Timnas Indonesia kini memiliki lebih banyak data pemain Indonesia dan validasi apakah pemain tersebut benar-benar berdarah Indonesia atau tidak.

Source link

Exit mobile version