portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Prabowo Subianto Terima Menlu Tiongkok, Diberi Selamat sebagai Presiden Terpilih dengan Suara Terbanyak Sepanjang Sejarah

Prabowo Subianto Terima Menlu Tiongkok, Diberi Selamat sebagai Presiden Terpilih dengan Suara Terbanyak Sepanjang Sejarah

Jakarta – Menteri Pertahanan dan presiden terpilih, Prabowo Subianto, telah menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, pada Kamis (18/4).

Wang Yi beserta rombongan tiba sekitar pukul 10.58 WIB. Kehadirannya disambut langsung oleh Prabowo di depan Gedung Kemhan. Keduanya kemudian bersalaman dan masuk ke dalam ruangan.

“Adalah kehormatan besar bagi saya menerima beliau hari ini. Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat, saya juga disambut dengan baik di Beijing beberapa minggu lalu,” ujar Prabowo.

Sebelum bertemu dengan Wang Yi di Jakarta, Prabowo juga bertemu dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping; Perdana Menteri Tiongkok, Li Qiang; dan Menteri Pertahanan Tiongkok, China Dong Jun, dalam kunjungan kehormatan di Beijing pada awal April 2024.

Pertemuan antara Prabowo dan Wang Yi berlangsung dalam suasana tertutup. Mereka membahas sejumlah kerja sama di bidang pertahanan, termasuk di dalamnya kerja sama pendidikan, latihan bersama, dan industri pertahanan.

Indonesia dan Tiongkok merupakan mitra dekat yang telah menjalin banyak kerja sama bilateral. Di bidang pertahanan, keduanya telah melaksanakan kerja sama pendidikan dan latihan sejak tahun 1970-an.

Kerja sama pendidikan tersebut masih berlanjut hingga saat ini, dengan sejumlah personel pertahanan Indonesia sedang menempuh pendidikan di Tiongkok. Sebaliknya, beberapa prajurit Tiongkok juga sedang menjalani pendidikan militer di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Wang Yi mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Prabowo. Selain membicarakan hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, Wang Yi juga memberikan selamat atas kemenangan Prabowo dalam pemilihan presiden 2024.

“Sekali lagi, saya ingin mengucapkan selamat kepada Yang Mulia yang terpilih sebagai presiden Republik Indonesia dengan jumlah suara terbanyak dalam sejarah pemilu Indonesia,” kata Wang Yi.

Menteri Luar Negeri Tiongkok menekankan bahwa membangun sebuah negara besar merupakan tugas yang berat, namun ia yakin Indonesia akan maju di bawah kepemimpinan Prabowo.

“Saya yakin Yang Mulia akan mampu mengemban tugas berat untuk memajukan Indonesia menuju kemajuan dan kebangkitan bangsa serta membawa masa depan yang lebih cerah di bawah kepemimpinan Yang Mulia,” ujar Wang Yi.

Source link