portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Pengabdian Prabowo Subianto di Dunia Kemasyarakatan dan Kemanusiaan

Pengabdian Prabowo Subianto di Dunia Kemasyarakatan dan Kemanusiaan

Sumber: Buku Prabowo: Rekam Foto Sang Patriot hal. 30-47

Konsistensi perjuangan Prabowo dalam meningkatkan taraf hidup petani, nelayan, pedagang pasar, dan rakyat Indonesia secara umum seolah tidak mengenal batas.

Prabowo memulai perjuangan kemanusiaannya sejak usia sangat muda bersama Soe Hok Gie dengan mendirikan LSM pertama di Indonesia, Lembaga Pembangunan. Kemudian, Prabowo menjabat sebagai Ketua Umum HKTI dan Ketua Umum APPSI. Selain itu, Prabowo juga aktif membantu rakyat yang membutuhkan bantuan secara pribadi.

Ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) periode 2004-2015 serta sebagai Ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Indonesia. Melalui HKTI, Prabowo berjuang untuk memberikan kehidupan yang layak bagi petani di Indonesia dengan mengembangkan bibit unggul, membagikan alat mesin pertanian, memperjuangkan harga eceran yang adil, dan subsidi untuk komoditas utama pertanian di Indonesia.

Prabowo, seperti Ir. Sukarno, meyakini bahwa pertanian adalah kehidupan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, ia secara langsung memeriksa kebutuhan petani dan memperjuangkan segala hal yang diperlukan oleh mereka.

Sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2008-2013, Prabowo kini menjabat sebagai Ketua Pembina APPSI. Bersama APPSI, ia berjuang untuk meningkatkan taraf hidup pedagang pasar di seluruh Indonesia yang seringkali tergantung pada keberpihakan pimpinan daerah. Prabowo secara aktif mendukung calon kepala daerah yang berpihak kepada pedagang pasar, seperti memberikan dukungan kepada Ir. Joko Widodo saat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012.

Sebagai seorang pengusaha sukses, Prabowo menyumbangkan sebagian besar keuntungannya untuk misi kemanusiaan. Ia memberikan bantuan kepada ribuan anak dan warga yang membutuhkan bantuan medis, baik sebagai pribadi maupun sebagai pimpinan berbagai organisasi kemasyarakatan.

Ketika terjadi bencana, Prabowo mengunjungi pengungsi dan memberikan bantuan berupa sembako, pompa air, pakaian, dan lain-lain.

Prabowo juga sangat peduli dengan perjuangan buruh dan memperjuangkan hak-hak mereka dalam berbagai kapasitasnya. Sebelum Pemilihan Presiden tahun 2019, Prabowo menjadi satu-satunya calon presiden yang meneken kontrak politik dengan organisasi buruh untuk mewujudkan 10 tuntutan buruh.

Prabowo juga menunjukkan kepeduliannya terhadap hak-hak buruh dalam kasus Wilfrida, seorang BMI asal Belu, Nusa Tenggara Timur, yang terancam hukuman mati di Malaysia. Prabowo yakin bahwa Wilfrida tidak bersalah dan berhasil melepaskannya dari hukuman mati tersebut di Malaysia.

Selain memperjuangkan kepentingan petani dan pedagang pasar, Prabowo juga konsisten dalam memperjuangkan penguatan lembaga koperasi. Bagi Prabowo, koperasi adalah solusi untuk memastikan kegiatan ekonomi dinikmati oleh seluruh rakyat. Ia adalah inisiator dan Ketua Umum Koperasi Garudayaksa Nusantara periode 2016-2020.

Source link

Exit mobile version