portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Pengamat: Prabowo-Gibran Kunci Demokrasi Kembali ke Tangan Rakyat

Pengamat: Prabowo-Gibran Kunci Demokrasi Kembali ke Tangan Rakyat

Jakarta – Pengamat politik Igor Dirgantara menilai kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden 2024 adalah bukti baiknya proses demokrasi di Indonesia melalui pemilu.

Menurut Igor, Prabowo yang sebelumnya kalah dalam dua pertarungan pilpres pada tahun 2014 dan 2019, tetap setia dan konsisten dalam berjuang melalui jalur demokrasi dengan kembali bertarung di pemilu 2024.

“Igor mengatakan bahwa Prabowo akhirnya memetik hasil dari perjuangannya. Meskipun melelahkan, namun berbuah manis dalam jalur konstitusional. Ini menunjukkan bahwa Prabowo saat ini adalah sosok yang dipilih secara demokratis oleh rakyat sebagai Presiden 2024-2029,” jelas Igor kepada wartawan di Jakarta pada Rabu (13/3).

Igor juga memberi perhatian pada pernyataan Prabowo setelah kemenangan dalam pilpres 2024 yang menyebutkan bahwa proses demokrasi di Indonesia memang melelahkan dan membutuhkan biaya besar, namun hal ini harus terus ditingkatkan kualitasnya.

“Prabowo memahami bahwa demokrasi di Indonesia memerlukan biaya besar. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan tegas setelah kepemimpinan Jokowi untuk mengembalikan kekuasaan demokrasi kepada rakyat, bukan kepada pemodal atau pemilik modal,” ujar Igor.

Igor tidak merasa khawatir dengan kepemimpinan Prabowo-Gibran ke depan karena Prabowo sendiri memahami pentingnya adanya check and balances sebagai tokoh nasional yang selama bertahun-tahun di luar pemerintahan.

“Igor memprediksi bahwa demokrasi di Indonesia akan lebih baik di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran karena keduanya telah melalui proses demokrasi yang tidak instan dan tidak hanya mengandalkan popularitas semata-mata,” tambahnya.

“Prabowo adalah contoh bagus bagaimana membangun partai politik dari awal, bukan hanya sebagai pengikut, petugas partai, atau bahkan karyawan partai. Prabowo memahami bahwa pilar terpenting dalam demokrasi adalah partai politik,” lanjutnya. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/pengamat-prabowo-gibran-kunci-demokrasi-kembali-ke-tangan-rakyat/

Source link

Exit mobile version