portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Survei Indikator: Pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Puas dengan Kinerja Jokowi

Survei Indikator: Pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Puas dengan Kinerja Jokowi

Jakarta – Lembaga Indikator Politik Indonesia telah merilis hasil survei pasca-Pemilu 2024. Menurut survei tersebut, banyak pendukung dari pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menyatakan puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sebanyak 76,6% masyarakat menyatakan puas dengan kinerja Presiden Jokowi saat ini. Ini berdasarkan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan survei exit poll yang dirilis minggu lalu. Sebanyak 58% dari pemilih Prabowo-Gibran, sekitar 90,2% di antaranya menyatakan puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden,” ujar peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Rabu (28/2/2024).

Burhanuddin menjelaskan bahwa hal ini memberikan gambaran optimis di tengah tekanan inflasi terutama terkait kenaikan harga beras.

“Dari 16% pemilih Ganjar-Mahfud, sebanyak 74,8% menyatakan puas dengan kinerja Jokowi. Sedangkan dari pemilih Anies-Muhaimin, mayoritasnya tidak puas sebanyak 53,3%. Ini menunjukkan pentingnya posisi dukungan. Pendukung Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran sama-sama puas dengan kinerja Jokowi. Ini juga menjelaskan mengapa elektabilitas Ganjar-Mahfud tertekan cukup kuat dalam Pemilu terakhir,” jelas Burhanuddin.

Survei ini dilakukan kepada warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Sampel dipilih secara acak melalui metode random digit dialing (RDD) dengan jumlah 1.227 responden.

Margin of error survei adalah +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Interviu dengan responden dilakukan via telepon oleh pewawancara yang terlatih. Survei dilakukan pada 18-21 Februari 2024. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/survei-indikator-pendukung-prabowo-subianto-dan-gibran-rakabuming-raka-puas-dengan-kinerja-jokowi/

Source link