portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Menhan Prabowo Subianto di Wisuda Unhan: Pekerja Keras dan Cerdas akan Bertahan di Tengah Tantangan Zaman

Bogor – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan bahwa masa depan bangsa Indonesia di tengah abad modern akan dihadapi dengan banyak tantangan. Menurutnya, orang-orang yang akan berhasil dan unggul adalah mereka yang mampu bekerja keras dan cerdas.

“Di masa depan bangsa kita di tengah kehidupan modern, kehidupan abad ke-21 adalah masa depan yang penuh dengan tantangan, hambatan, dan rintangan,” ujar Prabowo saat menghadiri wisuda Unhan RI di Sentul, Bogor, Senin (12/2).

Meskipun demikian, Prabowo menegaskan bahwa di tengah berbagai tantangan yang berat, masih banyak peluang dan kesempatan yang tersedia.

“Sejarah peradaban manusia menunjukkan bahwa orang yang akan bertahan atau survive adalah mereka yang bekerja keras dan cerdas, mereka yang disiplin dan memiliki kehendak yang kuat,” lanjut Prabowo.

Selain itu, menurutnya, orang yang memiliki keinginan kuat untuk berprestasi dan pandai berinovasi juga akan bertahan di tengah gempuran tantangan zaman.

“Ini merupakan ajaran dari sejarah. Hanya bangsa yang memiliki anak muda seperti itu (yang membuat) mereka bisa unggul,” tambahnya.

Berdasarkan hal tersebut, Prabowo menyatakan bahwa ia bangga dengan tradisi meritokratik yang tumbuh di Unhan RI. Kualitas manusia yang bekerja keras dan cerdas merupakan standar kualitas mahasiswa di Unhan RI.

Selama ini, mahasiswa yang dapat mengenyam pendidikan di Unhan RI tidak memandang latar belakang sosial mereka. Ada yang berasal dari keluarga petani, pekerja pelabuhan, hingga penjual bakso di pasar.

“Perintahkan tradisi ini dipertahankan sekeras mungkin,” ujarnya.

Prabowo juga mengatakan bahwa syarat menjadi mahasiswa Unhan RI mengacu pada persyaratan yang ada di kampus-kampus ternama di luar negeri.

“Karena persyaratan yang Anda lewati cukup tinggi, saya mengambil persyaratan dari universitas terbaik di dunia, saya mengambil persyaratan dari Harvard, MIT (Institut Teknologi Massachusetts) Stanford. Jadi, Anda perlu bangga,” ungkapnya.

Prabowo menegaskan bahwa Unhan RI tidak menerima bentuk rekomendasi dari siapapun. Seluruh mahasiswa diterima berdasarkan kemampuan akademik mereka.

Hari ini, Unhan RI meluluskan 573 mahasiswa yang terdiri dari Doktor (17); Fakultas Strategi Pertahanan (273); Fakultas Manajemen Pertahanan (69); Fakultas Keamanan Nasional (82); Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (57); serta S1 Fakultas Kedokteran Militer (75). (SENOPATI)

Source link

Exit mobile version