portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Cek Fakta Film Dirty Vote

🧐 Menurut mereka: “Bantuan sosial terutama beras meningkat pesat di awal 2024, karena 02 curang.”
😊 Faktanya: Pada akhir 2023, kita mengalami musim kering El Nino yang menyebabkan jadwal panen raya 2024 mundur 2 bulan hingga April / Mei. Pembagian bantuan sosial di awal 2024 adalah karena adanya kekurangan stok beras di awal tahun akibat mundurnya panen.

🧐 Menurut mereka: “Bantuan sosial murni untuk kepentingan Pemilu.”
😊 Faktanya: Bantuan sosial (BLT Tunai, bantuan beras, KIP, KIS) adalah cara yang efektif untuk mengurangi kemiskinan dan beban hidup. Oleh karena itu, setiap tahun bantuan sosial selalu ada, dan diberikan setiap bulan.

🧐 Menurut mereka: “Aturan pemilihan Penjabat Gubernur, Bupati & Wali Kota dipilih Presiden adalah kecurangan pak Jokowi”
😊 Faktanya: Aturan yang mendasari pemilihan Penjabat Kepala Daerah oleh Presiden (UU 10/2016) disetujui oleh partai politik pengusung 01 & 03 di DPR, untuk mengisi kekosongan jabatan sebelum Pilkada serentak di November 2024.

🧐 Menurut mereka: “Kepala Daerah diminta pak Jokowi menangkan 02”
😊 Faktanya: Tidak ada bukti untuk hoax ini. Sebaliknya, yang ada bukti adalah permintaan Badan Intelijen Negara (BIN) agar Kepala Daerah menangkan 03.

🧐 Menurut mereka: “Pak Gibran usia 36 bisa jadi Cawapres karena melanggar konstitusi”
😊 Faktanya: UUD 1945 mengatur bahwa Calon Presiden / Wakil Presiden harus WNI sejak lahir, tidak pernah khianati negara, dan mampu secara rohani dan jasmani. UUD 1945 tidak mengatur batas usia minimal atau maksimal Calon Presiden / Wakil Presiden.

🧐 Menurut mereka: “Pembentukan 4 Provinsi baru di Papua adalah untuk memuluskan 02 bisa 1 putaran”
😊 Faktanya: Pembentukan UU Provinsi baru di Papua adalah aspirasi daerah, dan disepakati oleh semua partai politik di DPR termasuk pengusung 01 dan 03.

Sesuai anjuran pak Prabowo: Mari kita tanggapi hoax dengan senyuman dan pencerahan. 😊😊😊 (SENOPATI)
Sumber: Kelompok Kerja Transformasi Bangsa
Sumber: https://prabowosubianto.com/cek-fakta-film-dirty-vote/

Source link

Exit mobile version