portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Gibran Tekankan Hilirisasi Digital: Kita Butuh Anak Muda yang Ahli Data Science hingga Game Designer

Jakarta – Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa proses hilirisasi digital membutuhkan banyak tenaga dari para anak muda yang ahli di berbagai bidang yang terkait dengan teknologi.

“Hilirisasi digital memerlukan anak muda yang ahli di bidang data scientist, AI researcher, video game designer, UX designer, robotic engineer, machine learning engineer, fintech, cyber security, dan lain-lain,” kata Gibran di acara ‘Suara Muda untuk Prabowo-Gibran, Menjemput Indonesia Maju’ di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (27/1).

Gibran mengatakan bahwa melalui hilirisasi, sekitar 19 juta lapangan kerja akan terbuka untuk semua kalangan, termasuk generasi Z dan kaum disabilitas dalam waktu 5 tahun mendatang.

“Manfaat hilirisasi juga akan dapat menciptakan lapangan kerja hingga 19 juta lapangan kerja dalam 5 tahun ke depan. Ini adalah peluang yang luar biasa khususnya untuk generasi milenial, generasi Z, kaum perempuan, dan juga kawan-kawan disabilitas,” ujarnya.

Gibran juga menyarankan agar Indonesia memanfaatkan bonus demografi yang akan didapat pada tahun 2030 dengan semaksimal mungkin. Dia menekankan pentingnya terus mengasah keterampilan yang akan sangat berguna di masa depan.

“Surplus SDM dengan usia produktif seperti ini adalah berkah yang besar untuk bangsa kita yang disebut bonus demografi dengan puncak pada tahun 2030 dan selesai pada tahun 2045,” tambahnya.

“Hilirisasi akan berhasil jika kita sebagai manusia Indonesia mau terus mengasah skill atau kemampuan masa depan,” tegasnya. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/gibran-tekankan-hilirisasi-digital-kita-butuh-anak-muda-yang-ahli-data-science-hingga-game-designer/

Source link

Exit mobile version