portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate

Perjalanan Iwan Bule: Dari Kapolda Berjiwa Kemanusiaan hingga Menjadi Caleg DPR RI dari Jawa Barat X

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule hadir dalam acara konsolidasi dan deklarasi dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran di Ciamis, Sabtu 13 Januari 2024 yang diselenggarakan oleh Gerakan Ajengan Muda (GAM). Dokumen Iwan Bule.

Setelah memiliki karir yang gemilang sebagai seorang polisi, Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Drs. H. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H., atau lebih dikenal dengan nama Iwan Bule, kini aktif sebagai seorang politisi setelah pensiun.

Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1984 ini, maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di daerah pemilihan Jawa Barat X.

Selama karirnya sebagai seorang polisi, Iwan Bule menangani berbagai kasus penting, seperti kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan banyak tokoh penting di Indonesia.

Tidak hanya itu, pria yang lahir pada tanggal 31 Maret 1962 ini juga pernah beberapa kali menjabat sebagai Kapolda, mulai dari Kapolda NTB, Kapolda Jawa Barat, hingga Kapolda Metro Jaya. Tiga jabatan penting tersebut memperlihatkan keahlian Iwan Bule dalam menjaga keamanan di masyarakat.

Selama memimpin, Iwan Bule selalu mengutamakan partisipasi seluruh anggotanya dalam setiap keputusan dan aktivitas yang dilakukan di institusi yang ia pimpin.

Iwan Bule dianggap sebagai sosok pemimpin yang sangat memperhatikan kebutuhan masyarakat. Keterbukaan terhadap ide-ide baru dan kemauannya untuk mendengarkan aspirasi masyarakat membuatnya diterima oleh berbagai lapisan masyarakat.

Selama menjabat sebagai Kapolda di tiga provinsi tersebut, Iwan Bule bekerja sama dengan berbagai kalangan, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga tokoh intelektual. Iwan Bule terkenal dekat dengan masyarakat bawah, dia kerap turun ke lapangan untuk mendengarkan permasalahan masyarakat dan mencari solusi bersama.

Keterbukaan dan transparansi yang ditunjukkan oleh Iwan Bule dapat dilihat dari kebiasaannya yang aktif berinteraksi dengan masyarakat dan menceritakan asal-usulnya kepada siapapun.

Iwan Bule memahami pentingnya kerjasama antara aparat kepolisian dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Dia juga terkait erat dengan program-program yang membawa manfaat nyata bagi masyarakat.

Melihat semua rekam jejaknya yang gemilang, kehadiran Iwan Bule di dunia politik sebagai calon anggota DPR RI akan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan negara. Kepercayaan masyarakat terhadapnya sebagai sosok yang dapat diandalkan, berpengalaman, dan memiliki kepemimpinan yang baik, menjadikannya kandidat yang layak untuk dipilih dalam pemilihan berikutnya.

Iwan Bule dapat menjadi penghubung yang efektif antara kebijakan pemerintah dan kebutuhan masyarakat, serta membawa nuansa kepemimpinan yang humanis dan inklusif ke dalam arena politik.

Source link