portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Presiden Jokowi Mendorong Umat Kristiani untuk Menjadi Contoh Keberagaman di Dunia

Presiden Jokowi Mendorong Umat Kristiani untuk Menjadi Contoh Keberagaman di Dunia

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menyatakan harapannya agar umat Kristiani di seluruh Indonesia dapat menjadi teladan dalam menunjukkan keberagaman kepada dunia.

“Kita ingin terus memberi contoh pada dunia bahwa keberagaman itu adalah hukum alam yang tidak terhindarkan. Perbedaan agama, perbedaan pandangan itu semakin wajar dalam kehidupan modern sekarang ini,” ujar Presiden dalam Perayaan Natal Nasional di Graha Bethany Surabaya, Rabu, (27/12/2023).

Presiden juga menekankan pentingnya hidup rukun dan penuh kasih sayang, karena hal tersebut merupakan ajaran Tuhan yang harus diperjuangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Di tengah tantangan kehidupan dunia yang berat yang ditandai krisis pangan, yang ditandai krisis ekonomi ditandai perselisihan antarbangsa, bahkan ditandai dengan peperangan kita harus ingat dan waspada orang Jawa menyampaikan eling lan waspodo,” katanya.

Presiden juga menegaskan bahwa perselisihan, apalagi peperangan, pasti akan membawa kemunduran peradaban. Sebaliknya, persatuan dan kerukunan memungkinkan untuk mencapai kemajuan.

“Kita bangsa Indonesia sungguh beruntung mampu menjaga toleransi dalam keberagaman dalam kemajemukan. Kita juga mampu menjaga persatuan di tengah kebhinnekaan, kita mampu menjaga Bhinneka Tunggal Ika kita bersyukur memiliki Pancasila,” tambahnya.

Jokowi juga mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan sangat beragam dengan 714 suku dan lebih dari 1.300 bahasa daerah.