portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Kemlu Menanggapi Pernyataan Mahfud MD Mengenai Diplomat Titipan Partai Dengan Cara Ini

Kemlu Menanggapi Pernyataan Mahfud MD Mengenai Diplomat Titipan Partai Dengan Cara Ini

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Menanggapi Pernyataan Mahfud MD tentang Peningkatan Rekrutmen Diplomat

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memberikan tanggapan terhadap pernyataan Calon Wakil Presiden Mahfud MD mengenai perlunya peningkatan dalam proses rekrutmen diplomat. Menurut Mahfud, terkadang para diplomat yang diangkat merupakan titipan partai, sehingga kurang memahami esensi diplomasi.

Sekretaris Jenderal Kemlu, Cecep Herawan, menjelaskan bahwa diplomat diisi oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemlu.

Proses pemilihan diplomat tersebut mengikuti rekrutmen CPNS nasional dengan penambahan dua faktor, yaitu tes bahasa dan tes psikologi komprehensif.

“Yang membedakan proses perekrutan (PNS) di Kemlu adalah kami menambahkan dua faktor, yakni tes bahasa dan tes psikologi lengkap,”ungkap Cecep dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Cecep menegaskan bahwa sistem rekrutmen Kemlu telah memenuhi standar internasional ISO 9001 sejak 2008. ISO 9001 adalah standar internasional yang mengatur persyaratan untuk sistem manajemen mutu.

Pada bulan September, Kemlu juga menerima penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai manajemen ASN terbaik.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menambahkan bahwa pernyataan Cecep tentang transparansi dan tata kelola instansi merupakan bentuk komitmen Kemlu.

Retno menyatakan bahwa Kemlu adalah salah satu instansi terbaik dalam menjalankan rekrutmen, yang sangat transparan dan berbasis prestasi atau kemampuan.

Pada debat cawapres, Mahfud Md menyampaikan niatnya untuk memperbaiki dan memperketat sistem rekrutmen diplomat di luar negeri jika terpilih dalam Pilpres 2024 bersama Ganjar Pranowo.