portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Penumpang Whoosh Mencapai 1 Juta Orang

Penumpang Whoosh Mencapai 1 Juta Orang

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan apresiasi terhadap jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh yang mencapai 1 juta orang sejak mulai dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023.

Dalam keterangannya di Jakarta pada hari Selasa, Menhub menyatakan rasa syukur atas antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan Kereta Cepat. Whoosh dihadirkan sebagai solusi konektivitas antarwilayah yang cepat, aman, selamat, dan nyaman.

Kereta Cepat Whoosh, sebagai layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, mengoperasikan rute Jakarta-Bandung dengan empat stasiun, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Menhub menjelaskan bahwa kehadiran kereta cepat telah membawa Indonesia sejajar dengan negara maju, menciptakan transformasi dan inovasi yang kini memberikan manfaat nyata.

Selain memenuhi kebutuhan transportasi, kereta cepat juga memiliki dampak positif ganda, seperti pertumbuhan ekonomi di titik-titik baru, pembukaan lapangan pekerjaan, dan transfer teknologi yang meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) nasional.

Menhub mengucapkan apresiasi kepada PT KCIC atas capaian ini dan berharap pelayanan yang diberikan semakin baik ke depannya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menggunakan layanan Whoosh, menyoroti kecepatan perjalanan, ketidakmacetan di jalan, dan pengurangan polusi sebagai keunggulan.

Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), dari sistem pemesanan tiket mulai 17 Oktober hingga 25 Desember 2023, Kereta Cepat Whoosh telah melayani lebih dari 1 juta penumpang.