portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Pemerhati Meminta Pemeriksaan Teknologi China Selain Smelter secara Komprehensif

Pemerhati Meminta Pemeriksaan Teknologi China Selain Smelter secara Komprehensif

Ledakan smelter di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) pada hari Minggu, 24 Desember 2023 terus menarik perhatian. Ada desakan untuk melakukan audit terhadap seluruh smelter asal China.

Pengamat Kebijakan Publik, Gigin Praginanto bahkan meminta agar seluruh teknologi asal China diaudit secara menyeluruh, bukan hanya smelter.

“Ia menduga teknologi yang digunakan perusahaan asal China di Indonesia memang ceroboh. Imbas dari kemudahan yang selama ini diberikan pemerintah,” jelasnya.

Dari investigasi awal yang dilakukan oleh pihak IMIP, ditemukan bahwa penyebab ledakan diduga karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Selama proses perbaikan, ledakan tak bisa dihindarkan lantaran banyak tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku. Akibatnya, ledakan pertama memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area ikut meledak.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 09.10 WITA dan seluruh pekerja yang menjadi korban telah dibawa ke klinik PT IMIP. Jumlah korban saat ini tercatat sebanyak 51 orang.