portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Ledakan Tungku Smelter di Morowali Bukan Insiden Pertama, Gigin Praginanto Mendesak untuk Dilakukan Audit

Ledakan Tungku Smelter di Morowali Bukan Insiden Pertama, Gigin Praginanto Mendesak untuk Dilakukan Audit

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pengamat Kebijakan Publik, Gigin Praginanto, memberikan komentarnya terhadap peristiwa meledaknya tungku smelter di Morowali, Minggu (24/12/2023) kemarin.

Menurut Gigin, berangkat dari kejadian tersebut, semua teknologi yang digunakan dari China harus diaudit secara menyeluruh.

“Tak cuma smelter, semua teknologi China yang digunakan untuk kepentingan masyarakat harus diaudit secara menyeluruh,” ujar Gigin dalam keterangannya di aplikasi X @giginpraginanto (24/12/2023).

Blak-blakan, Gigin mengatakan, bisa jadi mereka menjadi ceroboh dalam menggunakan teknologi dengan kualitas yang di bawah standar.

“Bisa jadi, mereka menjadi ceroboh atau menggunakan teknologi berkualitas rendah karena demikian banyak kemudahan yang diberikan pemerintah,” tandasnya.

Setelah beberapa waktu sebelumnya terjadi kecelakaan di smelter PT GNI yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia, kembali duka mendalam menyelimuti PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Morowali.

Menurut informasi sedikitnya 13 pekerja tewas akibat ledakan tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS).

Peristiwa tragis ini terjadi di kompleks industri PT IMIP, di mana smelter PT ITSS mengalami ledakan, menyebabkan adanya korban jiwa.

Dalam laporan yang disampaikan oleh PT IMIP, diketahui bahwa lima dari 13 pekerja yang meninggal adalah tenaga kerja asing.

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa tragis ini terjadi pada Minggu (24/12/2023) sekitar pukul 05.30 pagi.

Exit mobile version