portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Menteri Pertanian Amran Menyatakan Bahwa Penyuluh Pertanian Lapangan adalah Pendorong dan Penggerak Swasembada Pangan

Menteri Pertanian Amran Menyatakan Bahwa Penyuluh Pertanian Lapangan adalah Pendorong dan Penggerak Swasembada Pangan

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman telah memberikan Penghargaan Insan Pendukung Pengembangan Pertanian 2023 di AAS Building, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (22/12/2023).

Penghargaan ini diberikan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Mentan Amran Sulaiman menyatakan bahwa penyuluh harus didahulukan, khususnya PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), karena mereka adalah pahlawan pangan bagi negara di sektor pertanian.

“Saya pernah merasakan apa yang PPL rasakan, karena saya juga awalnya PPL. Sehingga saya mampu merasakan apa yang mereka rasakan. Mereka pendorong dan penggerak swasembada pangan. Dulu kita tiga kali swasembada,” tegas Amran.

Ketua Umum Ikatan Alumin Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) ini juga menekankan, ke depan bersama PPL, tidak lagi bicara atau membahas swasembada, tapi bagaimana caranya bisa melakukan ekspor kembali lima tahun mendatang.

Penghargaan diberikan kepada 11 orang dan 12 lembaga, seperti penyuluh pertanian berprestasi, petani milenial berprestasi, Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), kelompok tani berprestasi, kelompok wanita tani berprestasi, kelembagaan ekonomi pertanian berprestasi, dan Balai Penyuluhan Pertanian berprestasi.

Mereka semua berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia, dan terbanyak dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, juga Sulawesi Selatan untuk kategori petani milenial berprestasi, kelembagaan ekonomi petani berprestasi, dan Balai Penyuluhan Pertanian berprestasi.