portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

KH Asep Saifuddin Yakin Tidak Berniat Mencela Agama dengan Candaan Zulhas

KH Asep Saifuddin Yakin Tidak Berniat Mencela Agama dengan Candaan Zulhas

Ketua Umum Persatuan Guru Nadhlatul Ulama (Pergunu) K.H. Asep Saifuddin Chalim menegaskan bahwa tidak mungkin Zulhas (Zulkifli Hasan) melakukan penistaan agama. Terlebih lagi, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini merupakan tokoh dengan latar belakang muslim yang taat.

“Aku tahu betapa komitmennya Zulkifli Hasan dalam mendukung agama Islam,” kata Kiai Asep kepada media, Sabtu (23/12/23).

Kiai Asep memuji Zulhas sebagai salah satu tokoh Islam yang konsisten dalam mempersatukan umat beragama di Indonesia. Oleh karena itu, Zulhas tidak mungkin melecehkan agama atau mazhab manapun.

Dengan itu, Kiai Asep meminta semua pihak untuk tidak menciptakan keributan dan selalu mengutamakan persatuan umat dan bangsa.

“Semua orang harus bisa menunjukkan sikap saling mendengarkan, klarifikasi, dan saling memaafkan,” harap Kiai Asep.

Bagi pihak lain yang menuduh mantan Ketua MPR ini telah melakukan penistaan agama, Kiai Asep menyarankan untuk melakukan introspeksi diri. “Lebih baik kita semua saling memaafkan,” imbau Kiai Asep.

Selain itu, Kiai Asep mengajak seluruh umat Islam untuk bersama-sama menjaga diri dan saling mengingatkan agar agama tidak dijadikan isu politik. Terutama, jangan sampai mengeksploitasi isu agama sebagai senjata untuk menyerang atau menjatuhkan pihak lain.

Sebelumnya, beredar potongan video di media sosial di mana Zulhas tampak menjadi pembicara yang diinterpretasikan seolah-olah ia menyinggung gerakan sholat hingga pembacaan Al-Fatihah menjadi bahan candaan.