portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Mentan Amran Minta Bantah Food Estate Tidak Gunakan Polybag: Jangan Suka Fitnah!

Mentan Amran Minta Bantah Food Estate Tidak Gunakan Polybag: Jangan Suka Fitnah!

FAJAR.CO.ID, LAMPUNG – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman membantah tuduhan yang menyebut adanya tanaman jagung dengan media tanam pot atau polybag.

Dia meminta hal itu dibuktikan dengan mendatangi lokasi secara langsung.

“Ada informasi katanya jagung ditanam di pot. Saya minta coba tunjukkan potnya, katanya ada yang pakai pot di sebelah mana itu,” ujar Mentan saat menghadiri pembinaan penyuluh di Provinsi Lampung, Rabu, 20 Desember 2023.

Menurut Amran, penggunaan pot hanya dilakukan pada benih percobaan agar mengetahui kondisi iklim dan seberapa besar pertumbuhan jagung yang akan ditanam. Itu pun hanya beberapa pot saja karena benih yang lain tetap menggunakan media tanah secara langsung.

“Itu untuk percobaan saja agar kita mengetahui kondisi iklim dan benih yang akan ditanam. Dan itu yang diambil gambarnya. Tolong diubah mindsetnya, ubah karakternya agar negara yang kita cintai ini bisa menjadi super power. Jangan diisi dengan orang-orang pecundang yang suka fitnah,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan) terus fokus mengembangkan jagung pada lahan food estate Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Kolaborasi kedua lembaga ini cukup gesit karena jagung yang ditanam di sana sudah tumbuh setinggi orang dewasa.

“Jagungnya tumbuh subur dan pola tanamnya langsung di tanah. Tidak benar kalau ada yang mengatakan penanaman di polybag. Mari hindari berpolemik,” katanya.

Mentan mengatakan transformasi teknologi pertanian sudah demikian maju, sehingga cara berpikir pertanian tradisional harus dirubah apalagi teknologi ini diterapkan pada lahan marginal.

Exit mobile version