portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Jokowi menegaskan bahwa Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat, Saiful Mujani mengatakan bahwa Gibran diusulkan oleh elite.

Jokowi menegaskan bahwa Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat, Saiful Mujani mengatakan bahwa Gibran diusulkan oleh elite.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersuara mengenai tudingan dinasti politik. Ia menegaskan bahwa presiden dan wakil presiden dipilih secara demokratis.

Jokowi mengatakan bahwa presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat dan semua orang memiliki hak untuk memilih. Mereka tidak dipilih oleh segelintir elit.

Pakar Politik, Prof Saiful Mujani menanggapi pernyataan tersebut. Ia menyatakan bahwa kasus Gibran Rakabuming adalah hal yang berbeda. Jika anak dari Presiden Jokowi tersebut tidak dicalonkan, maka rakyat tidak bisa memilihnya. Oleh karena itu, politik dinasti tidak hanya tergantung pada keinginan rakyat untuk memilih atau tidak.

Lebih lanjut, Saiful Mujani mengatakan bahwa Gibran merupakan Calon Wakil Presiden yang didorong oleh elite, bukan karena suara rakyat. Ia juga menyatakan bahwa hal tersebut dapat menjadi awal dari tumbuhnya dinasti politik dalam negara demokrasi.

“Yang mencalonkannya adalah elite, bukan rakyat umumnya. Dari situlah politik dinasti bisa lahir dalam demokrasi,” ujarnya. (Arya/Fajar)