portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Ma’ruf Amin Mempunyai Usulan yang Sangat Mulia dan Mendesak untuk Menampung Pengungsi Rohingya di Pulau Galang, Menurut Din Syamsuddin

Ma’ruf Amin Mempunyai Usulan yang Sangat Mulia dan Mendesak untuk Menampung Pengungsi Rohingya di Pulau Galang, Menurut Din Syamsuddin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin ikut menyetujui usul Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin soal pengungsi Rohingya.

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin mengusulkan pengungsi Rohingya ditampung di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

“Usul Wapres Ma’ruf Amin tersebut sangat mulia, penting, dan mendesak. Para pengungsi Rohingya tersebut adalah sesama manusia,” kata Din Syamsuddin lewat keterangan resminya yang diterima Fajar.co.id, Kamis (7/12/2023).

Mantan Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu menyebut pengungsi Rohingya selema ini sudah menderita dari penindasan dan pengusiran di negara asal mereka Myanmar. Ditambah penderitaan diombang-ambingkan ombak lautan tanpa makanan cukup.

“Sudah saatnya kita sebagai bangsa cinta damai dan keadilan, apalagi memiliki Pancasila yang mengajarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, untuk bertindak,” ungkap Din.

“Saatnya Indonesia menyediakan satu dari 17.500 pulau yg dimilikinya, seperti dulu Pemerintah Orde Baru menyediakan Pulau Galang bagi pengungsi Vietnam,” sambungnya.

Dirinya berharap usul Wapres Ma’ruf Amin dapat dilaksanakan oleh Pemerintah RI. Usul tersebut segera harus ditindaklanjuti tidak hanya disampaikan.

Seperti diketahui, pengungsi Rohingya yang terdampar di Indonesia, mulai dari Aceh bahkan sampai Sulawesi Selatan, ditaksir berjumlah ratusan dan ada kecenderungan bertambah.

Masalahnya, lembaga pengungsi dunia UNHCR tidak berdaya atas alasan mereka stateless (tidak berkewarganegaraan). (msn/fajar)