portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Penerimaan Pegawai Aparatur Sipil Negara akan Dilakukan Setiap Tiga Bulan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Penerimaan Pegawai Aparatur Sipil Negara akan Dilakukan Setiap Tiga Bulan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas mengungkapkan rencana untuk melakukan perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) setiap tiga bulan sekali, bukan lagi setahun atau dua tahun sekali. Langkah ini sesuai dengan agenda reformasi dan transformasi birokrasi berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

“Pertama, transformasi rekrutmen dan jabatan ASN, jadi ke depan rekrutmen tidak ritual dua atau satu tahunan, karena tiap tiga bulan akan ada rekrutmen ASN,” kata Azwar saat membuka RBXperience 2023 di Bali.

Dengan langkah ini, Azwar menyatakan bahwa pengangkatan tenaga honorer bisa dikurangi. Ketika ada pegawai yang pensiun, maka bisa langsung diganti dengan ASN. Meskipun rekrutmen ASN dilakukan setiap tiga bulan, jumlahnya tidak akan sebanding dengan jumlah pensiunan. Azwar mencontohkan di Kementerian Keuangan, hanya 200 orang yang akan diterima dari 600 orang yang pensiun, karena tenaga teknis akan dirampingkan dengan digitalisasi.

Selain itu, Kementerian PANRB juga akan menata tenaga non-ASN atau honorer, dengan target menata 2,3 juta tenaga honorer yang tidak dapat ditambah lagi hingga Desember 2024. Anas juga akan mengefisienkan struktur lewat perampingan eselon dua, dengan mengurangi sekitar 1.200 tenaga atau menghemat biaya birokrasi sampai Rp8 triliun.