portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Mahfud MD: Pemerintah Masih Mencari Lokasi Pengungsian bagi Pengungsi Rohingya

Mahfud MD: Pemerintah Masih Mencari Lokasi Pengungsian bagi Pengungsi Rohingya

Pemerintah Indonesia sedang mencari cara untuk menangani masalah pengungsi Rohingya yang semakin banyak masuk ke Indonesia melalui pesisir Aceh. Saat ini pemerintah sedang berusaha mencari lokasi pengungsian.

Namun, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md memastikan bahwa Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau tidak akan menjadi tempat pengungsian bagi Rohingya.

“Ndak (pengungsi Rohingya di pulau Galang), justru jangan sampai seperti Pulau Galang,” kata Mahfud setelah rapat mengenai pengungsi Rohingya di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta Pusat, seperti dilansir dari jpnn, Rabu.

Mahfud tidak menjelaskan secara rinci alasan menolak Pulau Galang sebagai lokasi pengungsian warga Rohingya. Hingga saat ini Mahfud dan jajarannya masih berupaya mencari lokasi pengungsian di tempat lain.

Salah satu upayanya adalah meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk berkomunikasi dengan pemerintah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, dan Riau untuk membahas lokasi baru tersebut.

“Forkopimda tiga provinsi, Aceh Sumatra Utara dan Riau akan dikoordinir oleh Menteri Dalam Negeri untuk membicarakan itu,” kata Mahfud.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin membuka opsi untuk menampung para pengungsi Rohingya di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Riau.

“Penempatannya di mana? Dulu kita punya Pulau Galang, nanti kita bicarakan lagi apa akan seperti itu,” kata Ma’ruf Amin usai menghadiri Peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024 dan Peresmian Universitas Indonesia Industrial Government (I-GOV) Ke-3 Tahun 2023 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12).