portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Warga Jogja Mendesak Penangkapan Ade Armando, Roy Suryo Mencatat Sejarahnya yang Disinggung oleh Anak-anak Kementhus

Warga Jogja Mendesak Penangkapan Ade Armando, Roy Suryo Mencatat Sejarahnya yang Disinggung oleh Anak-anak Kementhus

Pakar Telematika Roy Suryo memberikan tanggapan terhadap aksi yang dilakukan oleh warga Yogjakarta yang menuntut agar Ade Armando ditangkap oleh polisi.

Menurut Roy Suryo, masyarakat Yogjakarta pada dasarnya rendah hati dan sopan. Namun, mereka juga bisa bersikap patriotik.

“Masyarakat Jogja sebenarnya Andhap Asor dan Guyub Rukun, namun bisa sangat patriotik sebagaimana saat memperjuangkan NKRI dan keistimewaan DIY,” ujar Roy Suryo dalam keterangannya di aplikasi X @KRMTRoySuryo1 (3/12/2023).

Roy Suryo juga menambahkan bahwa sikap patriotik masyarakat Yogjakarta bisa terlihat ketika mereka membicarakan tentang sejarah.

“Apalagi kalau disinggung Sejarahnya oleh anak-anak Kementhus (termasuk Ketumnya) begini. Maafkan jika kami bersikap,” tandasnya.

Sebelumnya, Ade Armando melalui unggahannya di X mempertanyakan kritik politik dinasti yang selama ini dilontarkan oleh para mahasiswa.

“Ini ironis sekali karena mereka justru sedang berada di sebuah wilayah yang jelas-jelas menjalankan politik dinasti dan mereka diam saja,” kata Ade Armando menyindir mahasiswa di Yogyakarta.

Ade Armando mengatakan, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X tidak dipilih melalui pemilu melainkan karena garis keturunan.

Baginya, itulah yang disebut politik dinasti.

“Anak-anak BEM ini harus tahu dong, kalau mau melawan politik dinasti, ya politik dinasti sesungguhnya adalah DIY. Gubernurnya tidak dipilih melalui pemilu,” jelasnya.

(Muhsin/fajar)