portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Perjalanan Indonesia Menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Perjalanan Indonesia Menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Pemerintah Menargetkan Pembangunan Pusat Data Nasional Rampung pada Oktober 2024

Pemerintah menargetkan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) akan rampung pada Oktober 2024. PDN ini, yang berlokasi di kawasan Jabodetabek, akan menjadi pusat konsolidasi dan interoperabilitas data pemerintah.

Andi Yuniantoro, CEO Inixindo Jogja, menyatakan bahwa PDN yang dijalankan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika merupakan upaya pemerintah untuk mencapai kedaulatan data serta sistem pemerintahan berbasis elektronik. Egosektoral data masih ada, sehingga PDN merupakan langkah berani untuk mewujudkan data sebagai sumber tunggal kebenaran.

Pada acara Talkshow Integrasi SPBE Pilar Transformasi Digital Indonesia dengan tema One Data One Policy yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Sisiplus by Katadata, Andi mengatakan, “Coba bayangkan ada berapa banyak data yang dimiliki daerah terkait kesehatan, data ini kan harus dikumpulkan agar bisa dianalisis.” Dia menambahkan bahwa saat ini data tersebar di mana-mana dan harus dimanfaatkan agar pengambil kebijakan bisa membuat kebijakan berbasis data.

Ika Karlina Idris, Associate Professor Monash University Indonesia, mengungkapkan bahwa tidak mudah untuk membuat data yang tersedia bisa bercerita. Karena itu, harus ada pihak tertentu yang merapihkan data yang tersebar di mana-mana agar dapat divisualisasikan dan diberikan cerita. Hanya setelah mendapatkan wawasan dari data tersebut, data tersebut baru dapat dijadikan acuan dalam membuat kebijakan.