portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Mengenal Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAD Baru yang Mencetuskan Manunggal Air

Mengenal Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAD Baru yang Mencetuskan Manunggal Air

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, menganggap bahwa Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memiliki banyak pengalaman dan sangat cocok untuk menjabat sebagai orang nomor satu di TNI Angkatan Darat (AD).

“Pak Maruli adalah salah satu pati (perwira tinggi) terbaik yang dimiliki TNI AD. Kecakapan, kemampuan, dan pengalaman beliau yang banyak mendapat penghargaan brevet dari dalam dan luar negeri seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Thailand, merupakan bukti bahwa beliau adalah sosok yang tepat untuk menjadi KSAD,” kata Meutya dalam keterangannya, Kamis, (30/11/2023).

Meutya menyatakan bahwa Maruli merupakan sosok prajurit pelopor dan pencetus program TNI AD Manunggal Air.

“Ada ratusan ribu penduduk dari Aceh sampai Merauke yang terbantu akses airnya dengan adanya program TNI AD Manunggal Air yang digagas oleh Pak Maruli,” jelas Legislator dari Dapil Sumatera Utara I tersebut.

Program Manunggal Air adalah program penyediaan air bersih bagi warga yang tinggal di tempat-tempat yang belum memiliki akses air bersih, seperti wilayah tandus, daerah Tertinggal, Terluar, dan Terdepan (3T).

Dengan naiknya pangkat Maruli menjadi Pati bintang empat, Meutya berharap agar mantan Komandan Paspampres tersebut dapat melanjutkan dan meningkatkan program-program kerja TNI AD yang telah berjalan.

Ia yakin bahwa Maruli dapat menjadi KSAD yang menjalankan tugasnya dengan amanah.

“Harapan saya ke depan adalah agar TNI Angkatan Darat semakin profesional, maju, dan yang paling penting adalah TNI Angkatan Darat selalu berada di hati rakyat,” pungkas Meutya.