portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Video Viral Gibran yang Diduga Bagi-bagi Amplop di Makassar Dinyatakan Hoax oleh Bawaslu, Hanya Gantungan Kunci

Video Viral Gibran yang Diduga Bagi-bagi Amplop di Makassar Dinyatakan Hoax oleh Bawaslu, Hanya Gantungan Kunci

Bawaslu Makassar Memastikan Video Hoaks Bagi-Bagi Amplop Gibran Rakabuming

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bawaslu Makassar memastikan video cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming yang diduga bagi-bagi amplop tidak benar alias hoax.

Ketua Bawaslu Makassar, Dede Arwinsyah mengatakan, Gibran hanya membagikan gantungan kunci kepada masyarakat di acara jalan sehat 25 November 2023 lalu.

“Jadi kesimpulannya berdasarkan hasil pengawasan, video itu hoaks dan bukan amplop. Tapi ternyata gantungan kunci,” kata Dede, Selasa (28/11/2023).

Adapun dugaan pembagian sembako yang terindikasi terjadi di Kecamatan Ujung Tana, Dede menegaskan jika kandidat Pilpres yang melakukan itu hanya membagikan susu kepada anak-anak.

“Mau dikasih masuk dugaan money politik tapi belum terjadi karena untuk money politik ada 3 waktu yang akan diawasi, yakni di masa kampanye, masa tenang dan hari H,” ujarnya.

Diketahui acara jalan sehat di Makassar digelar oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo pada Sabtu 25 dan Ahad 26 November 2023 pekan lalu.

Hanya saja, Bawaslu Makassar menemukan banyak anak-anak dilibatkan dalam acara jalan sehat Gibran dan Ganjar.

“Maka diingatkan di masa kampanye tidak melibatkan anak-anak menghadiri kampanye. Karena dalam Pasal 280 Ayat 2 pelaksana tim kampanye dilarang mengikutsertakan warga negara yang tidak memiliki hak pilih,” ujar Dede (Ikbal/fajar)