portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Kepala PERISAI mengecam provokator aksi damai untuk Palestina yang berujung pada korban jiwa di Bitung

Kepala PERISAI mengecam provokator aksi damai untuk Palestina yang berujung pada korban jiwa di Bitung

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (PP. PERISAI), Chandra Halim mengecam keras kericuhan yang terjadi saat aksi solidaritas bela Palestina di Bitung, Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (25/11/2023). Kericuhan diduga sebagai ulah provokator menyebabkan 1 orang tewas dari massa aksi bela Palestina.

Chandra menyatakan, “Kami mengutuk keras provokasi zionis yang sudah pada tahap serangan fisik terhadap massa aksi damai solidaritas bela Palestina di Bitung, Manado, Sulawesi Utara. Polisi harus mengambil tindakan tehadap pelaku.”

Menurut Chandra, kericuhan bermula saat massa aksi bela Palestina dihadang oleh sekelompok massa yang mengatasnamakan laskar manguni sambil membawa senjata tajam. Aksi bela Palestina yang semula berlangsung damai berubah menjadi aksi kekerasan dan penganiayaan terhadap massa yang menyebabkan korban jiwa.

Chandra juga menegaskan, “Aksi bela Palestina ini soal kemanusiaan bukan soal agama. Kenapa teman-teman kristen laskar mangguni jadi pembela zionis. Bahkan sikap pemerintah kita jelas, mengutuk aksi zionis israel di Palestina. Seharusnya laskar manguni sebagai bagian dari NKRI ikut menngeecam Israel bukan jadi pembela zionis.”

Sikap tegas pemerintah RI sudah disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi maupun oleh Presiden Joko Widodo. Bahkan secara khusus Presiden Jokowi menemui Presiden Amerika Serikat Joe Biden membicarakan soal serangan brutal Israel terhadap rakyat sipil Palestina.