portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Ma’ruf Amin: Memelihara Kehormatan KPK dan MK Sebagai Tugas Utama Saat Ini

Ma’ruf Amin: Memelihara Kehormatan KPK dan MK Sebagai Tugas Utama Saat Ini

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyatakan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mahkamah Konstitusi memiliki tugas besar dalam menjaga martabat dan meningkatkan kredibilitas mereka setelah beberapa kasus yang menarik perhatian publik.

“Kita memang harus bagaimana membuat MK lebih bermarwah, bagaimana KPK juga lebih bermarwah. Itu pekerjaan besar yang kita hadapi sekarang,” kata Wapres Ma’ruf saat dimintai tanggapan di sela kegiatannya di Bratislava, Slovakia, Sabtu siang waktu setempat.

Pernyataan Ma’ruf ini merespons tugas besar Nawawi Pomolango yang telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua KPK sementara, menggantikan Firli Bahuri yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan.

Ma’ruf berharap agar Nawawi dapat membawa KPK menjadi lebih baik dan meningkatkan upaya penegakan hukum. “Kita harapkan bahwa pengganti (Firli Bahuri) ini supaya bekerja lebih baik-lah. Supaya penegakan hukumnya supaya lebih ditingkatkan lagi,” tutur Ma’ruf.

“Jangan sampai lembaga-lembaga penegak hukum kita itu kemudian kredibilitas-nya turun sehingga perlu dibenahi,” tambah Wapres Ma’ruf.

Presiden Jokowi telah menandatangani Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116 Tahun 2023 tentang pemberhentian Ketua KPK Firli Bahuri Jumat (24/22) malam, sekaligus menetapkan Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara. Menurut aturan, seorang Ketua KPK yang menjadi tersangka harus diberhentikan sementara.