portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Diancam Eksekusi oleh Egianus Kogoya dalam Dua Bulan Sesuai Deadline Pemerintah

Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Diancam Eksekusi oleh Egianus Kogoya dalam Dua Bulan Sesuai Deadline Pemerintah

Nasib pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens, terancam serius di Papua. Teroris KKB memberikan deadline dua bulan ke depan untuk mengeksekusi pilot tersebut.

Jika dalam dua bulan ke depan pemerintah Indonesia tidak memenuhi tuntutan KKB pimpinan wilayah Nduga, Egianus Kogoya, kelompok tersebut mengancam akan menembak Philip Mark Mehrtens.

Tuntutan Egianus Kogoya sendiri tidak mudah, karena ia menuntut pemerintah Indonesia untuk mengakui kemerdekaan Papua. Jika tuntutan itu tidak dipenuhi dalam waktu dua bulan ke depan, Egianus akan mengeksekusi pilot Susi Air asal Selandia Baru tersebut.

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri berharap KKB segera membebaskan Philip Mark Mehrtens sebagai kado Natal. Upaya pembebasan pilot diserahkan kepada pemerintah kabupaten Nduga, pemuka masyarakat, tokoh agama, dan keluarga untuk bernegosiasi.

KKB pimpinan Egianus Kogoya telah menyandera Philip sejak pesawat Susi Air mendarat di lapangan terbang Paro Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023 lalu. Kelompok tersebut juga membakar pesawat tersebut.