portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Langkah Tangguh Menteri Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Gula dalam Rangka Swasembada Nasional

Langkah Tangguh Menteri Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Gula dalam Rangka Swasembada Nasional

Kementerian Pertanian (Kementan) sedang gencar memenuhi kebutuhan benih tebu untuk mencapai swasembada gula nasional.

Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi mengungkapkan bahwa pemerintah terus mendorong peningkatan produksi gula melalui ekstensifikasi penambahan luas areal tanaman tebu di berbagai lokasi dan intensifikasi melalui bongkar ratoon dan rawat ratoon tahun 2024 – 2028 seluas 1,34 juta ha dengan target peningkatan produksi sebesar 3,4 juta ton.

Dalam kegiatan tanam tebu, Selasa (21/11/2023) di Blitar Jawa Timur, Harvick menyebut beberapa langkah strategis yang perlu dilakukan untuk mencapai target kebutuhan benih tebu unggul, seperti penyediaan benih unggul secara berjenjang, metode kultur jaringan, penataan varietas, peningkatan pengawasan peredaran benih, dan optimalisasi fungsi Forum Produsen Benih Tebu.

Untuk mendukung hal ini, Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam Syah menekankan perlunya komitmen para stakeholder dalam penyediaan dan penyerapan benih tebu. Pemilik varietas, pabrik gula, produsen benih tebu, dan para pekebun harus berkomitmen untuk menyediakan, menyerap, dan memproduksi tebu secara optimal.

Andi Nur juga menekankan pentingnya kolaborasi antara para pekebun dengan Lembaga Riset seperti Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI), serta sinergi dengan Kementerian, Pemerintah Daerah, dan para stakeholder terkait untuk menghasilkan kualitas benih tebu yang baik dan sesuai standar.

Exit mobile version