portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Daftar Produk Pro Israel yang Harus Diboikot, Menurut Prof Quraish Shihab

Daftar Produk Pro Israel yang Harus Diboikot, Menurut Prof Quraish Shihab

Ulama tafsir Al-Quran Profesor Muhammad Quraish Shihab angkat bicara tentang isu boikot produk pro Israel yang telah menjadi perbincangan hangat belakangan ini.

Terutama, adanya daftar produk-produk yang harus boikot yang mulai tersebar di media sosial. Profesor Quraish berpendapat bahwa boikot dapat dilakukan, asalkan produk tersebut jelas-jelas membantu Israel. Namun, juga harus mempertimbangkan untung dan rugi.

“Nah, pada dasarnya kita harus memboikot yang jelas-jelas membantu Israel, yang tidak, kita harus berhitung dong; apakah dia lebih rugi atau kita lebih rugi?” ungkapnya, dalam sebuah video di akun Youtube Bayt Al-Quran, Rabu (15/11/2023).

Untuk itu, alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, menyarankan persoalan ini diserahkan kepada ahlinya untuk melihat nama-nama produk ini dengan jelas.

“Yang penting, ada memang produk-produk yang di situ sudah jelas mendukung Israel,” tambahnya. Profesor Quraish kemudian menekankan bahwa masyarakat harus pandai-pandai dalam hal ini.

Membasmi kemungkaran itu, katanya, tidak boleh kalau itu mengakibatkan kemungkaran yang sama atau lebih buruk.

“Tetapi boikot perlu, dan banyak yang perlu diboikot. Hanya saja kita perlu teliti, apakah (produk) ini tidak (perlu diboikot),” ujarnya. (zak)

Exit mobile version