portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Boikot Produk Diduga Pro Israel Viral di Media Sosial, Quraish Shihab Sampaikan Penjelasan

Boikot Produk Diduga Pro Israel Viral di Media Sosial, Quraish Shihab Sampaikan Penjelasan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Profesor Muhammad Quraish Shihab, juga menyoroti banyaknya daftar produk yang diduga pro-Israel di media sosial. Cendekiawan Al-Qur’an ini meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyatakan produk mana yang perlu dihindari karena terkait dengan Israel.

Lebih lanjut, banyak warganet yang menyimpulkan bahwa produk-produk tersebut terkait dengan Israel atau termasuk dalam kategori boikot sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 83 Tahun 2023 tentang Dukungan terhadap Perjuangan Palestina.

“Nah, pada dasarnya kita harus memboikot yang jelas-jelas membantu Israel, yang tidak, kita harus berhitung dong apakah dia lebih rugi atau kita lebih rugi?” ungkapnya dalam tayangan video di akun Youtube Bayt Al-Quran pada Jumat (17/11/2023).

Dalam upayanya untuk menghentikan kemungkaran, Quraish Shihab memperingatkan bahwa langkah-langkah yang diambil tidak boleh memicu dampak negatif yang lebih buruk.

“Memang pasti ada kerugian. Tapi itulah risikonya berjuang. Orang di sana itu mati. Bayangkan itu, ibu-ibu, anaknya, cucunya, mati bergelimpangan di jalan. Perjuangan. Di mana solidaritas kemanusiaan kita? Saya tidak berkata solidaritas keislaman kita, manusia,” tegasnya. (fajar)