portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Jenderal Agus Subiyanto Menanggapi Isu Jokowi’s Men Terkait Dapat Restu DPR RI Menjadi Panglima TNI

Jenderal Agus Subiyanto Menanggapi Isu Jokowi’s Men Terkait Dapat Restu DPR RI Menjadi Panglima TNI

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto telah resmi mendapatkan restu dari DPR RI untuk dilantik sebagai Panglima TNI.

Persetujuan tersebut diberikan oleh Komisi I DPR RI setelah uji kelayakan dan kepatutan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI pada Senin siang (13/11/2023).

Setelah sekitar dua jam uji kelayakan, sembilan fraksi di DPR RI menyetujui Jenderal Agus menjadi Panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

Komisi I DPR RI juga menyetujui penghentian dengan hormat untuk Laksamana TNI Yudo Margono yang akan segera memasuki masa purna tugas.

Setelah mendapatkan restu, Jenderal TNI Agus Subiyanto menanggapi isu kedekatannya dengan Presiden RI Joko Widodo. Dia menjelaskan bahwa kedekatan itu merupakan bagian dari tugasnya, terutama saat dia bertugas sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta, di mana Presiden Jokowi saat itu juga menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Agus Subiyanto menegaskan bahwa kedekatan dengan pimpinan daerah merupakan hal yang penting untuk TNI dalam membangun hubungan yang erat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).