portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Caranya untuk Memeriksa Daftar Perusahaan dan Merek yang Harus Boikot karena Pro Israel

Caranya untuk Memeriksa Daftar Perusahaan dan Merek yang Harus Boikot karena Pro Israel

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Agresi militer Israel terhadap Palestina masih terus berlanjut. Sekarang, produk dan merek yang terkait dengan negara Zionis itu menjadi sorotan.

Di Indonesia, gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) mulai mengarah ke berbagai produk yang terkait dengan Israel.

Perang pendapat antara merek atau produk pun terjadi. Beberapa produk bahkan mulai melakukan kampanye sebagai produk lokal.

Produk-produk Israel yang sudah lama dikenal seperti McDonald’s, KFC, Starbucks, dan Aqua serta berbagai produk Danone dan Unilever langsung mendapatkan dampaknya.

Namun belakangan ini publik mengetahui bahwa air mineral dalam kemasan (AMDK) Le Minerale diduga juga merupakan produk yang beroperasi di Israel.

Le Minerale adalah produk yang diproduksi oleh perusahaan Mayora, yang sama-sama memproduksi Kopiko.

Sebelumnya diketahui, Le Minerale merupakan air minum yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, anak perusahaan dari Mayora Indah dengan pabrik di beberapa wilayah di Indonesia.

Cara Mengetahui Produk Pro-Israel

Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas mengharamkan dukungan kepada Israel, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bagaimana dengan penggunaan produk pro-Israel?

Menurut gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) yang berdiri sejak tahun 2005, tindakan boikot digunakan untuk menekan perdagangan dengan Israel dengan melarang penggunaan produknya.

Di Indonesia, ada Gerakan BDS Indonesia, yaitu Boikot, Divestasi, dan Sanksi terhadap Israel, yang merupakan bagian dari Palestinian BDS National Committee (BNC).

Exit mobile version