portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Najwa Shihab Terpilih Sebagai Perempuan Paling Berpengaruh di Indonesia Menurut Survei Indikator Politik Indonesia

Najwa Shihab Terpilih Sebagai Perempuan Paling Berpengaruh di Indonesia Menurut Survei Indikator Politik Indonesia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Lembaga survei di Indonesia tampaknya tidak hanya fokus melakukan survei terhadap isu politik terutama terkait tokoh yang akan maju dalam kontestasi pemilu. Namun juga pada isu yang bersifat lebih umum.

Misalnya saja Indikator Politik Indonesia yang memotret penilaian publik mengenai perempuan yang paling berpengaruh, hingga siapa influencer di media sosial yang paling disukai.

Dari hasil survei itu, nama Najwa Shihab keluar sebagai perempuan paling berpengaruh di Indonesia.

Najwa Shihab bahkan menyalip nama-nama besar lain, seperti Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani, termasuk Yenny Wahid, publik lebih memilih Najwa Shihab sebagai tokoh perempuan yang paling bisa memberikan dampak positif.

“Ketika kita sodorkan pertanyaan, tokoh perempuan mana yang paling berpengaruh, tertinggi jawabannya Najwa Shihab,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei bertajuk ‘Efek Gibran dan Dinamika Elektoral Terkini’ secara virtual, Minggu (12/11).

Survei nasional Indikator dilakukan dalam rentang 27 Oktober – 1 November 2023, menempatkan 1.220 responden melalui Wawancara tatap muka, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Menurut Burhanuddin, Najwa Shihab menempati urutan pertama sebagai tokoh perempuan yang dianggap publik paling berpengaruh. Angkanya mencapai 26,3 persen. Disusul kemudian Khofifah (11 persen), Puan (8,4 persen), lalu Susi (7,2 persen).
Pada temuan lain, Najwa Shihab juga menjadi tokoh perempuan yang paling disukai publik dengan 34,1 persen. Setelah Najwa Shihab, ada Khofifah dengan 9,4 persen, lalu Susi dengan 6,8 persen.