portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Menggugat Kinerja Jokowi Selama 9 Tahun, Aliansi Solo Raya Soroti Reformasi yang Terhambat

FAJAR.CO.ID, SOLO – Sebuah kelompok mahasiswa yang menyebut diri mereka Aliansi Solo Raya Menggugat mengadakan aksi di Bundaran Gladak, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (3/11/2023).

Dalam aksi tersebut, mereka menilai kinerja Jokowi selama 9 tahun di Bundaran Gladak, Solo pada Jumat 03 November 2023. Aksi ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa dan aktivis dari kampus UNS, UNISRI, IIM Surakarta, KMMI, dan Poltekkes Surakarta.

Mereka juga menampilkan sejumlah poster yang bertuliskan ‘KABINET INDONESIA MUNDUR’, ‘EVALUASI REZIM 9 TAHUN JOKOWI’, dan ‘REFORMASI DIKEBIRI’. Tujuan dari aksi ini adalah untuk melakukan evaluasi bersama mengenai kinerja dan kekurangan pemerintahan Jokowi selama 2 periode.

Presiden BEM UNS, Hilmi Ash Shidiqi, mengatakan bahwa catatan yang berisi aspirasi ini akan mereka kirimkan ke Istana Negara dan harapannya bisa diterima oleh Kantor Staf Presiden (KSP).

“Ini adalah bentuk kontribusi mahasiswa dalam menyuarakan keresahan masyarakat Indonesia yang belum terdengar oleh pemerintahan Jokowi,” ujarnya.

Dalam aksi ini, juga disampaikan beberapa keresahan lainnya, termasuk dalam aspek pendidikan.

Sebagai contoh, warga Solo, kota asal Jokowi, ternyata belum mendapatkan fasilitas dan kualitas pendidikan yang memadai.

Aspek kesehatan juga menjadi keresahan, di mana pelayanan kesehatan saat ini belum tersedia secara merata di Indonesia, dan masyarakat juga dibebani dengan biaya yang tinggi yang cukup menyulitkan.